Mahasiswa Magister Ilmu Kedokteran Tropis FK-KMK UGM Ujian Tesis secara Daring di Masa Pandemi

Tropmed UGM – Selepas rapat monitoring dan evaluasi tiap mahasiswa, di masa pandemi ini ada mahasiswa yang hendak melaksanakan Ujian Tesis. Ini menjadi pengalaman pertama bagi prodi yang melakukan ujian tesis secara daring

Sebelumnya, prodi sudah melakukan perkuliahan secara daring. Pun dengan kegiatan yang lainnya seperti rapat ataupun seminar webinar. Pekan kemarin, mahasiswa Angkatan 2018 menjadi mahasiswa pertama yang ujian secara daring Magister Ilmu Kedokteran Tropis FK-KMK UGM.

Dimas Bagus Wicaksono Putro, mahasiswa Angkatan 2018 yang berasal dari instansi B2P2VRP Salatiga melaksanakan ujian daring pada hari jumat (19/06). Tesis yang diujikan bertemakan Penyakit zoonotik (Hepatitis E). Adapun judulnya adalah Deteksi dan Karakterisasi Molekuler Rat Hepatitis E pada Tikus.

Di ujian tesis ini, dua pembimbing adalah Prof. dr. Tri Wibawa, Ph.D, Sp.MK. (Bagian Mikrobiologi FK-KMK UGM) dan Prof drh Widya Asmara SU PhD (Fakultas Kedokteran Hewan). Sedangkan pengujinya adalah dr. Widya Wasityastuti, M.Sc, M.Med.Ed, Ph.D.

Penelitian Dimas berlokasi di Demak dan Banyumas (Jawa Tengah), dan dilaksanakan pada tahun 2019. Tantangan selama yaitu proses penyebaran perangkap untuk penangkapan tikus dan proses laboratorium lapangan, karena memerlukan energi yang cukup besar.

Tantangan terasa karena di masa pandemi covid-19 untuk konsultasi dengan dosen pembimbing tidak bisa bertatap muka secara langsung, proses konsultasi melalui email. Selain itu, dosen pembimbing memiliki kesibukan yang luar biasa, sehingga harus bersabar untuk menunggu hasil revisinya.

Beliau juga menekankan kepada teman angkatannya yang sedang melakukan penelitian selama pandemi ini tetap bersemangat.

“Bagi teman-teman yang masih melanjutkan proses laboratorium tetap semangat melanjutkan pengujian laboratoriumnya, semoga segera selesai dan lancar.”

Selama ujian secara daring, semuanya berjalan dengan lancar. Ini menjadi pengalaman baru di masa sekarang. Harapannya pandemi cepat berakhir, sehingga tiap mahasiswa dan dosen bisa bertatap muka. Hanya saja, di masa seperti sekarang, ujian tesis secara daring adalah solusi yang paling tepat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.