Webinar Seri I: Diskusi dan Sharing Online Covid-19 serta upaya Penanggulangannya di Indonesia

Tropmed UGM – Di masa pandemi, setiap instansi banyak melakukan aktivitas melalui layanan video daring. Hal ini juga dimanfaatkan Magister Ilmu Kedokteran Tropis FK-KMK UGM untuk membuat kegiatan secara daring bersama mahasiswa dan alumni.

Alumni Magister Ilmu Kedokteran Tropis yang bernama Ikatropis membuat acara diskusi dan sharing online dengan tema Covid-19 dan Upaya Penanggulangannya di Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari jumat (08/05) menggunakan aplikasi video daring Cisco Webex Meetings.

Pada seri pertama, dua pemateri merupakan alumni Magister Ilmu Kedokteran Tropis angkatan 2013 dan 2014. Pak Yahidin Selian (Angkatan 2013 – Direktorat P2PTVZ Dirjen P2P Kemenkes) mengangkat topik ‘Penanganan ABK Kapal Pesiar di Pulau Sebaru Kecil dan Wisma Atlit’. Beliau menceritakan pengalamannya sewaktu turun langsung di dua tempat berbeda.

Pemateri kedua Pak Martinus V. Ndona (Angkatan 2014 – UPTD Puskesmas Watukapu-Ngada-NTT) memaparkan tentang ‘KIE Keluarga, Screening dan Pemantauan Pelaku Perjalanan’. Beliau menceritakan pengalaman di daerahnya terkait sosialisasi Covid-19.

Diskusi secara daring ini berlangsung dengan lancar. Kedua pemateri diatur dengan baik moderator Ibu dr. Silvia Mery (Angkatan 2010 – Dosen FK UKDW). Setiap pertanyaan dilakukan melalui layanan pesan instan ataupun secara langsung.

Peserta yang ikut sebanyak 57 partisipan, sementara pada data pendaftaran sebanyak 74 pendaftar. Jumlah peserta ini melebihi target Prodi yang awalnya sekitar 50 peserta gabungan antara mahasiswa dan alumni.

Selain mahasiswa dan alumni, pada seri pertama diskusi daring ini juga diikuti Kaprodi dan Sekprodi Magister Ilmu Kedokteran Tropis, Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset dan Sumber Daya Manusia FK-KMK UGM, serta beberapa dosen inti prodi.

“Semoga konsep diskusi daring ini bisa menyatukan para mahasiswa, alumni, dan dosen. Tentu sudah direncanakan secara berkala setiap hari jumat dengan pemateri yang merupakan alumni” Terang dr. Elsa selaku Kaprodi.

Respon dari alumni, dosen, serta mahasiswa pun beragam. Mereka senang ada semacam kuliah webinar dengan lintas generasi di Magister Ilmu Kedokteran Tropis. Setidaknya, perwakilan dari angkatan 1996 hingga mahasiswa tahun 2019 bergabung menjadi satu.

Pekan depan, tepatnya hari jumat (15/05) diskusi daring kembali digelar. Sudah ada pemateri yang diminta untuk bercerita dan berbagi pengalaman terkait penanggulangan Covid-19 di tempat kerja mereka masing-masing.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.