Monitoring Progress Penelitian Mahasiswa Selama Pandemi

Tropmed UGM – Berbagai metode digunakan tiap prodi guna memonitoring progress penelitian tiap mahasiswa. Di Magister Ilmu Kedokteran Tropis FK-KMK UGM contohnya, prodi secara berkala memantau perkembangan penelitian mahasiswa.

Selama pandemi, pihak prodi tidak bisa secara langsung mendapatkan perbaruan informasi dari mahasiswa yang ingin memulai penelitian atau yang sudah melakukan penelitian. Prodi pun memanfaatkan video daring untuk berkomunikasi dengan mahasiswa terkait.

Magister Ilmu Kedokteran Tropis FK-KMK sendiri sudah beberapa kali menerapkan monitoring mahasiswa secara daring. Tiap mahasiswa aktif diwajibkan mengikuti proses monitoring tersebut dan memaparkan sejauh mana penelitian para mahasiswa.

Tidak hanya menggandeng mahasiswa, prodi juga memberi waktu secara khusus tiap mahasiswa. Mahasiswa yang dosen pembimbingnya sama, nantinya dijadikan satu sesi untuk memaparkan progressnya di depan prodi dan pembimbing.

Adanya inovasi monitoring secara daring ini membuat mahasiswa makin terbantu. Karena setiap kendala yang dihadapi bisa disampaikan secara langsung ke prodi maupun pembimbing. Kemudian mahasiswa mendapat masukan dari dosen ataupun prodi.

Seperti yang dituturkan Laila, mahasiswa Magister Ilmu Kedokteran Tropis FK-KMK UGM angkatan 2019 ini mengutarakan adanya saran dan masukan terkait penelitian yang sedang dia laksanakan, sehingga tercerahkan.

“Jadi itu (monitoring) bisa mengontrol kami tetap diperhatikan dan bersemangat maju proposal dan segera melaksanakan penelitian. Manfaatnya buat kita mahasiswa jadi lebih semangat dalam mengerjakan prolosal dan berusaha sesuai target penelitiannya.”

Di sisi yang lain, Prodi Magister Ilmu Kedokteran Tropis FK-KMK UGM memang menjalin komunikasi yang baik dengan tiap mahasiswa. Hal ini dijadikan sebagai salah satu inovasi agar mahasiswa bisa termotivasi untuk menyelesaikan perkuliahan tepat waktu.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.