Webinar Seri III: Diskusi dan Sharing Online Covid-19 serta upaya Penanggulangannya di Indonesia

Tropmed UGM – Rangkaian diskusi webinar yang diselenggarakan Alumni Mahasiswa Magister Ilmu Kedokteran Tropis FK-KMK UGM kembali berlanjut. Sebelumnya sudah ada dua kali diskusi alumni yang dilaksanakan.

Hari Jumat (05/06), webinar seri ketiga kembali dilaksanakan. Kali ini konsepnya sedikit berbeda. Terdapat empat narasumber dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama diisi tiga narasumber yang mendiskusikan ‘Manajemen Pemeriksaan Covid-19 dan Tantangannya’.

Ketiga narasumber tersebut adalah Triwibowo Ambar Garjito, M.Sc (B2P2VRP Salatiga, angkatan 2006), Aried Mulyono, M.Sc (B2P2VRP Salatiga, angkatan 2009), dan Agus Ari Wibowo, S.KM, M.Sc (Balai Besar Tehnik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Jakarta, Angkatan 2017).

Pada sesi kedua, pemaparan materi dengan narasumber Dr.dr. Andani Eka Putra, M.Sc. (Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Angkatan 2007). Beliau memaparkan topik ‘Strategi Pemeriksaan RT-PCR Covid-19 di Sumatera Barat’.

Diskusi yang berlangsung secara daring menggunakan Webex ini diikuti oleh 70 peserta. Moderator pada sharing dan diskusi ini adalah dr. Seshy Tinartayu, M.Sc (FKIK UMY, Angkatan 2010). Durasi diskusi webinar ini selama 1.5 jam.

Pada dua sesi ini, peserta yang merupakan alumni, mahasiswa, dosen, serta peserta luar berpartisipasi tanya-jawab melalui fitur chat. Tiap pertanyaan disampaikan moderator, lantas dijawab narasumber.

Selama pandemi, Magister Ilmu Kedokteran Tropis FK-KMK UGM telah melaksanakan tiga seminar webinar. Semuanya terlaksana karena kolaborasi mahasiswa, alumni, dan prodi dalam merealisasikan terobosan baru ini.

Harapan ke depan, nantinya Ikatropis kembali membuat seminar secara daring dengan peserta umum. Selain untuk menambah ilmu pengetahuan dan informasi terkait Covid-19. Rangkaian acara tersebut juga menjadi ajang promosi prodi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.