Mahasiswa Prodi Magister Ilmu Kedokteran Tropis FKKMK UGM Mengunjungi RS Respira Yogyakarta

Tropmed UGM – Mahasiswa S2 Ilmu Kedokteran Tropis FKKMK UGM kembali melakukan kunjungan ke instansi kesehatan. Kali ini yang didatangi adalah RS Respira Yogyakarta. Kunjungan ini dilaksanakan pada hari senin (08/04). Rombongan berangkat dari lokasi pukul 07.30 WIB.

Rombongan yang berjumlah 12 orang (9 mahasiswa dan 3 pendamping) langsung disambut pihak RS Respira Yogyakarta. Adapun sembilan mahasiswa tersebut terbagi dari mahasiswa S2 Ilmu Kedokteran Tropis, serta dua mahasiswa dari ACICIS – Australia dan TropED – UCL London.

Dikoordinatori Dr. Dra. Ning Rintiswati, M.Kes, rombongan ini menyampaikan tujuan kunjungan ke instansi kesehatan. Berlanjut dengan pemaparan mengenai infection control dari pihak Respira, berlanjut mengunjungi lapangan dan berakhir dengan diskusi bersama.

Kunjungan ini diharapkan mahasiswa mendapatkan perbaruan informasi berkaitan dengan proses transmisi penyakit infieksi, mengindentifkasi masalah, memahami usaha-usaha yang dilakukan untuk mencegah penyebaran infeksi, bagaimana cara berlindung menghadapi penyakit infeksi, hingga memutus tranmisi dalam suatu populasi melalui karantina.

Berbagai macam penyakit infeksi yang dapatkan oleh petugas medis di instansi kesehatan. Di sini mahasiswa dituntut untuk memahami SOP yang dilakukan oleh para tenaga medis kala merawat pasian.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.