Mahasiswa S2 Ilmu Kedokteran Tropis FKKMK UGM Berkunjung ke PT Bio Farma Bandung

Tropmed UGM – Rangkaian model pembelajaran di Program Studi S2 Ilmu Kedokteran Tropis FKKMK UGM tidak hanya dilakukan melalui pemaparan di kelas. Pada waktu-waktu yang telah ditentukan, mahasiswa melakukan kunjungan ke instansi yang terkait mata kuliah untuk mengetahui perkembangan informasi lebih luas.

Seperti yang dilakukan pada tanggal 24-26 Maret 2019, mahasiswa S2 Ilmu Kedokteran Tropis melakukan kunjungan ke PT Bio Farma Bandung. Kunjungan ini merupakan agenda yang ketiga, setelah sebelumnya melakukan kunjungan di Kulon Progo dan Klaten.

Pada kunjungan kali ini, rombongan dari S2 IKT FKKMK UGM sejumlah 10 orang (2 Pendamping dan 8 Mahasiswa). Tujuan kunjungan kali ini adalah perlunya memberi pemahaman terhadap mahasiswa terkait supply obat dan vaksin, dan untuk melihat produksi dan manajemen supply distribusi vaksin. PT Bio Farma Sendiri menjadi tujuan karena memang berkaitan dengan obat dan vaksin.

Diharapkan dengan kunjungan kali ini, mahasiswa memahami hal-hal yang terkait dan strategi untuk meningkatkan supply dan utilisasi dari vaksin bagi penyakit tropis. Serta dapat mengidentifikasi hambatan dari supply dan utilisasi vaksin bagi penyakit tropis.

Pada kunjungan di PT Bio Farma. Rombongan dari IKT FKKMK UGM mendapatkan informasi-informasi dari materi terkait profil Bio Farma, produk yang dihasilkan oleh instansi tersebut, serta bagaimana manajemen dan pemasarannya. Selain itu juga disempatkan untuk berdiskusi dengan mahasiswa dan mengunjungi museum di PT Bio Farma Bandung.

Kegiatan seperti ini nantinya menjadi agenda rutin tiap mahasiswa. Hal ini agar menunjang pembelajaran mahasiswa tidak hanya di kelas. Namun, sekaligus mempraktikkan langsung ke lapangan untuk mencari perbaruan informasi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.