Mahasiswa IKT Berpartisipasi dalam MDA Internship UGM bersama PT Eisai di Kupang

MDA internship adalah kerjasama UGM dengan PT. Eisai yang sudah berlangsung selama 4 tahun. Dalam kegiatan ini melibatkan mahasiswa FKKMK dan Prodi Ilmu Kedokteran Tropis masing-masing sebanyak 2 orang. Tahun 2019 mahasiswa FKKMK diwakili oleh Desti Annisa Hapsari dan Kavi Gilang Permana sedang Prodi IKT diwakili oleh Kevin Giovani Pascoal dan Budianna Tombi Langi.

Kegiatan ini berkaitan dengan Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Lymphatic Filariasis (LF) yang berlangsung selama 5 tahun di daerah yang endemis. Lokasi kegiatan MDA ini di Kupang. Tepatnya di Betun Malaka dan Atambua bersamaan dengan Bulan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA) yang tahun 2019 akan dipusatkan di Betun ibukota Kabupaten Malaka Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Berlangsung selama empat hari (03-06 Oktober) dengan lokasi yang berbeda menjadikan acara ini terdapat beberapa agenda yang dilakukan secara bersama. Mulai pemaparan kegiatan terkait Lymphatic Filariasis (LF), mengikuti acara pencanangan Bulan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA) yang di pusatkan di Betun Malaka, berinteraksi dengan pasien, dan berdiskusi dengan pasien.

Kegiatan ini diikuti oleh DEC manager dari beberapa negara, yaitu: DEC Jakarta, DEC Manager Jepang, DEC Manager UK, DEC Manager India dan DEC Manager Myanmar, staf PT. Eisai Indanesia dan mahasiswa UGM. Sementara acara di Betun Malaka, dihadiri oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K), Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Pemda Provinsi NTT, Pemda Kabupaten Malaka, anggota DPRD Kabupaten Malaka, tokoh-tokoh agama dan masyarakat di Kabupaten Malaka beserta beberapa undangan

Mahasiswa dari FKKMK UGM yang berpartisipasi di acara tersebut diharapkan mendapatkan banyak informasi karena sudah turut terjun ke lapangan dan berinteraksi dengan pasien, dan mendiskusikan langkah-langkah yang nantinya diambil secara bersama untuk membantu pasien.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.