Kuliah Umum Infection Prevention Control di S2 Ilmu Kedokteran Tropis FKKMK UGM

Tropmed UGM – Prodi S2 Ilmu Kedokteran Tropis telah melaksanakan kuliah mengenai topik Infection Prevention Control pada hari Senin tanggal 1 April 2019 dengan dosen Dr. Pancho Kaslam SpoG MSc. Kuliah ini diikuti seluruh mahasiswa pada semester genap.

Dari kuliah tersebut, terdapat lima poin penting yang disampaikan, yaitu mengenai Hospital and quality service, Health care-asssociated infections (HAIs), Patient Safety, Hospital Accreditation, dan Anti Microbial Resistance.

Dr. Pancho menjelaskan bahwa prinsip pengendalian dan pencegahan infeksi melibatkan semua pihak, mulai dari tenaga kesehatan, karyawan fasilitas kesehatan, pemangku kebijakan, sampai pada masyarakat pada umumnya.

Setiap orang yang berkecimpung dalam bidang kesehatan harus memahami prinsip-prinsip infeksi, pemakaian alat kesehatan, protective personal equipment, siklus transmisi penyakit, pencegahan penularan penyakit dan mengetahui pedoman internasional, nasional dan lokal mengenai infection prevention control (IPC).

IPC meliputi suatu penyediaan kebijakan infrastruktur dan prosedur dalam mencegah, mendeteksi dan mengendalikan infeksi di fasiltias kesehatan. Prosedur IPC diterapkan dalam bentuk kelompok tim/komite IPC yang harus terlatih dan profesional.

Hal utama yang menjadi fokus pada IPC adalah konsep “behavioral science”, artinya pencegahan dan pengendalian infeksi bukanlah ilmu sains murni melainkan berhubungan dengan kebiasaan dan tradisi masyarakat sehingga diperlukan adanya suatu program kebijakan yang diterapkan dengan tujuan untuk mengurangi penularan penyakit infeksi. Petugas kesehatan dalam hal ini harus menjadi role model dan hendaknya tidak “No Action Talk Only.”

Pada perkuliahan, Dr. Pancho tidak hanya memaparkan materi yang disampaikan. Beliau juga memantik diskusi dengan mahasiswa. Beberapa kali beliau meminta mahasiswa untuk turut berpendapat berkaitan dengan tema yang dibahas.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.