Dua Mahasiswa S2 Ilmu Kedokteran Tropis FK UGM Menang Lomba Presentasi Poster di Surabaya

Tropmed UGM – Gelaran Seminar Peringatan Hari Pengendalian Nyamuk (HPN) dan ASEAN Dengue Day 2018 berlangsung pada hari senin, 17 September 2018 di Hotel Mercure, Surabaya. Seminar ini merupakan kerjasama antara UNAIR, KEMENKES, Perkumpulan Pemberantasan Penyakit Parasit Indonesia (P4I), dan IDI.

Tema seminar kali ini adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Menuju Bebas Nyamuk dan Penyakit Tular Nyamuk dengan mengundang beberapa narasumber yang memaparkan materinya. Selain itu ada juga kegiatan presentasi poster. Presentasi poster ini diikuti 31 peserta. Menurut informasi, poster yang terpasang sebanyak 23 poster.

Dari 23 poster yang terpajang, terdapat 5 peserta perwakilan dari S2 Ilmu kedokteran Tropis. Kelima mahasiswa tersebut adalah Anggit Prihatnolo, Ledy Afrida Sinaga, Tanti Rahayu, Purwaningsih, dan Riska Amalia Okyana.

Penilaian presentasi poster ini dilakukan banyak juri. Unsur-unsur penilaian antara lain, konten yang dipaparkan, cara pemaparan materi, tampilan poster, kesesuaian dengan ketentuan panitia, dan lainnya. Tiap pemilik poster wajib mempresentasikan posternya kala ada pengunjung yang bertanya, dan menjelaskan secara rinci.

Pada akhir acara, diambil enam presentasi poster terbaik sesuai dengan penilaian para juri. Dua dari enam peserta yang terbaik merupakan mahasiswa S2 Ilmu Kedokteran Tropis FK UGM. Beliau adalah Purwaningsih & Riska Amalia Okyana yang mendapatkan Juara I dan Juara III.

Riska Amalia Okyana mempresentasikan posternya yang berjudul “Perbandingan Indikator Entomologi pada Nyamuk Aedes spp di Daerah Endemis dan Non Endemis Kabupaten Mimika, Papua”. Serta Purwaningsih dengan judul “Mekanismi Resistensi Aedes Aegypti terhadap Malation dan Sipermetrin pada Daerah Endemis Dengue di Kota Palu, Sulawesi Tengah”.

Selain mahasiswa, pada Seminar Peringatan Hari Pengendalian Nyamuk (HPN) dan ASEAN Dengue Day 2018 ini juga dihadiri para alumni S2 Ilmu Kedokteran Tropis dari berbagai instansi. Para alumni ini juga diharapkan bisa mempromosikan prodi di tempatnya masing-masing.

Pihak Prodi S2 Ilmu Kedokteran Tropis FK UGM turut mengucapkan terima kasih kepada kelima perwakilan dari prodi yang turut serta berpartisipasi dalam presentasi poster di Surabaya. Hal ini diharapkan dapat memantik semangat mahasiswa lainnya untuk mengikuti kegiatan serupa di tempat berbeda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.